Kuliah Umum dengan tema "integrasi budaya dan aspirasi masyarakat sebagai basis etika bisnis era global" dibuka oleh Rektor Unmas Denpasar, Sabtu 16 September 2017 dengan narasumber Joseph JU Taylor PhD. dari James Cook University Australia dan Kadin Bali pada Program Magister Manajemen Unmas Denpasar diadakan pada tanggal 16 September 2017, di Ruang Seminar Widya Sabha.

Kegiatan ini dilakukan untuk memberikan wawasan kewirausahaan terhadap siswa Magister Management, sehingga bisa memahami arti pentingnya jiwa wirausaha yang dapat dikembangkan baik pada siswa yang ingin mandiri membuka lapangan kerja atau untuk mereka yang sudah bekerja sebagai pegawai. Kadin Bali memaparkan, Jiwa kewirausahaan seperti semangat pantang menyerah, kreatif dan mampu melahirkan inovasi dapat diterapkan bukan hanya pada lingkungan bisnis sendiri, tetapi juga sangat penting bagi pegawai. 

Joseph JU Taylor PhD sangat sependapat dengan Kadin Bali tentang pentingnya jiwa kewirausahaan dan menambahkan, Masing-masing negara memiliki budaya yang mengandung ciri khas sendiri, dan melalui ciri khas tersebut mengandung potensi perbedaan kebiasaan jiwa kewirausahaan dalam hal kreatifitas, semangat panmtang menyerah. Norma-norma dan tradisi yang ketat dapat menyebabkan terpasungnya jiwa kreatifitas tersebut. Masyarakat harus diajarkan kapan norma-norma tersebut harus diterapkan, dan kapan harus menyadari bahwa situasi harus mengutamakan sikap kreatif.

Pendapat Prof. Genaro dari Filipina menyatakan, budaya memang mengandung unsur positif dan negatif terhadap jiwa kewirausahaan. Salah satu unsur penting dari budaya adalah kebiasaan yang terbina dan mengakar dalam masyarakat. Kebiasaan masyarakat yang menghargai tumbuhnya kreatifitas dan kerja keras merupakan unsur positif yang mampu membangun jiwa kewirausahaan. Umumnya negara-negara yang sangat kuat akibat kegiatan bisnisnya karena potensi budaya yang memberikan  potensi untuk berkembangnya kreatifitas dan semangat kerja keras pantang menyerah.

Akhirnya, rangkaian kuliah umum ini ditutup dengan adanya konfirmasi oleh mahasiswa tentang dimensi-dimensi penting kewirausahaan yang diperoleh dari literatur dan kegiatan kuliah dengan pendapat-pendapat para pakar yang hadir pada kuliah umum ini.