Sejarah Program Pascasarjana Unmas Denpasar

Program Magister (S2) Prodi Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pengelolaan Lingkungan (P2WL) Pascasarjana Unmas Denpasar berangkat dari keinginan untuk memberi solusi terhadap berbagai isu dan kasus mengenai lingkungan yang disebabkan oleh kurang terarahnya pembangunan yang ada di daerah Bali. Sikap kritis terhadap masalah-masalah tersebut dipahami karena kurangnya sumber daya manusia yang mampu merencanakan dan melaksanakan pembangunan daerah khususnya berkenaan dengan perencanaan pembangunan wilayah, pengelolaan lingkungan dan pemberdayaan masyarakat lingkungan. Berangkat dari pemikiran tersebut besar harapan pimpinan universitas untuk memiliki lembaga pendidikan yang mampu untuk melahirkan tenaga-tenaga professional di bidang tersebut. Satu-satunya adalah dengan membuka program Magister (S2) dengan mengkombinasikan berbagai sains yang dapat menjawab kepentingan tenaga profesional tersebut. Bagai gayung tersambut keinginan tersebut mendapat persetujuan dari pihak pimpinan Yayasan Perguruan rakyat Saraswati Pusat dan menetapkan untuk mengusulkan Program Magister (S2) Program Studi Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pengelolaan Lingkungan kepada Dirjen Dikti Depdiknas.

Setelah mendapat kepastian adanya ijin dari Dikti Depdiknas selanjutnya Program Magister (S2) Prodi Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pengelolaan Lingkungan Pascasarjana Universitas Mahasaraswati Denpasar di launching pada hari Kamis tanggal 03 April 2008 berdasarkan Ijin Penyelenggaraan Ditjen Dikti Nomor: 850/D/T/2008 tertanggal 13 Maret 2008. Dengan di launchingnya Program Magister (S2) segala harapan telah menjadi kenyataan dan upaya untuk mempersiapkan SDM yang profesional dan beretika dalam bidang perencanaan pembangunan dan pengelolaan lingkungan menjadi satu komitmen para pimpinan di lingkungan Unmas Denpasar. Lebih lebih tantangan pembangunan yang semakin kompleks membutuhkan berbagai keahlian khusus bagi para perencana pembangunan. Semakin dirasakan bias terhadap pembangunan fisik dan perkotaan telah memberikan hasil pembangunan yang timpang dan tertinggalnya wilayah pedesaan serta berbagai masalah lingkungan. Menjadi harapan keberadaan program Magister (S2) Unmas Denpasar ini dapat menjawab kebutuhan akan SDM profesional yang berdedikasi dan berloyalitas tinggi bagi pembangunan di wilayah perkotaan dan pedesaan di seluruh Indonesia umumnya dan di Bali khususnya.

Awal dari pengelolaan terhadap program studi ini dibentuk Program Pascasarjana dan tingkat pengelolaannya setara dengan program studi namun berada di bawah tanggung jawab Rektor. Pada tahun akademik 2008-2009 ini Program Magister (S2) Prodi Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pengelolaan Lingkungan telah berjalan selama 2 semester dan penyelenggaraan system pendidikannya berdasarkan kepada Undang-Undang Nomor 20 tahun 2005 , Peraturan Pemerintah Nomor 60 tahun 1998 dan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 232/U/2000.